PT. Shey Cipta Indonesia http://longsci.com Long SCI Thu, 25 Oct 2018 03:19:27 +0000 en-US hourly 1 https://wordpress.org/?v=4.9.9 Pelumas Rantai Motor Terbaik /2018/01/pelumas-rantai/ /2018/01/pelumas-rantai/#respond Fri, 26 Jan 2018 04:32:46 +0000 /?p=197 Chain Lube Long Pelumas Rantai sepeda motor dan pelumas beberapa mesin lainya.

Fungsi

Melumasi :

  • rantai sepeda motor
  • rantai forklift
  • kabel kopling
  • wom gear
  • gergaji mesin
  • sprocket
  • clipper
  • pemotong Baja
  • Tractor Pertanian
  • Roller Conveyor
  • berkaitan dengan besi untuk melicinkan.
]]>
/2018/01/pelumas-rantai/feed/ 0
Radiator Coolant Terbaik /2018/01/radiator-coolant/ /2018/01/radiator-coolant/#respond Thu, 25 Jan 2018 07:18:27 +0000 /?p=192 Radiator Coolant kualitas terbaik, radiator coolant dengan ukuran 1 liter dan 5 liter baik untuk radiator mobil dengan fungsi sebagai berikut :

Fungsi : 

  • Menstabilkan suhu, mencegah dan melindungi dari pembentukan karat pada radiator kendaraan.

Kelebihan :

  • suhu kendaraan tetap stabil, anti karat dan korosi, mencegah dan melindungi pembentukan lumut & kotoran pada radiator.

Cara Pakai :

  • Kuras air radiator kendaraan agar karat dan kerak keluar, bilas radiator dengan air bersih. Masukkan radiator coolant lalu kran pembuangan ditutup hidupkan mesin  ± 5 menit dinginkan lalu buang radiator coolant, lakukan sampai kotoran hilang. Isi Radiator Coolant LONG sampai garis yang ditentukan.
]]>
/2018/01/radiator-coolant/feed/ 0
Minyak Rem Long /2018/01/minyak-rem/ /2018/01/minyak-rem/#respond Thu, 25 Jan 2018 07:06:58 +0000 /?p=187 minyak rem motor dan mobil kualitas terbaik, brake fluid long dengan fungsi sebagai berikut :

Fungsi :

  • Melumasi dan menjaga komponen sistem pengereman, karet, sil, master rem pada sistem pengereman kendaraan.

Kelebihan :

  • Melindungi komponen sistem pengereman dari karet, tidak mengubah karet dan sil di master rem, kualitas Standart Nasional Indonesia

Cara Pakai :

  • Bersihkan masterrem, kuras Brake Fluid lama pada master rem. Isi master rem dengan Brake Fluid Long Sesuai ukuran kendaraan.
]]>
/2018/01/minyak-rem/feed/ 0
Spesifikasi Chainlube LONG /2017/06/spesifikasi-chainlube-long/ /2017/06/spesifikasi-chainlube-long/#respond Thu, 15 Jun 2017 19:36:09 +0000 http://localhost/mps/?p=99 ChainLube LONG

  • Fungsi : Melumasi rantai sepeda motor, rantai forklift, kabel kopling, wom gear, gergaji mesin, sprocket, clipper, pemotong Baja, Tractor Pertanian, Roller Conveyor, dan yang berkaitan dengan besi untuk melicinkan.
  • Cara Pemakaian : Bersihkan permukaan yang hendak disemprot Chain Lube Long. Semprotkan Chain Lube Long pada bagian yang bergerak secara merata. Semprotkan maksimal 2 hari 1x pada rantai untuk menjaga dan melicinkan rantai.
  • Kelebihan :
  1. Wangi Lemon, yang berfungsi untuk menjaga aroma yang dikeluarkan dari cairan. Apabila motor ingin dimasukan kedalam rumah/ruangan, maka motor akan mengeluarkan Wangi Lemon yang semerbak dari rantai kendaraan/bagian lain yang telah disemprotkan.
  2. Cairan Formula LONG yang disemprotkan lebih awet dan tahan air membuat rantai 3x lebih awet. Cairan akan melumasi, menempel dan melapisi kesela-sela terkecil.
  3. Cairan Formula LONG yang disemprotkan ke rantai/besi memiliki Formula Anti Karat, sehingga terlindungi dari karat dan dapat berfungsi membersihkan karat yang menempel. Formula Anti Karat yang ada di Chain Lube LONG tidak sebanyak WD 80 LONG. Untuk menghilangkan karat terbaik ada di WD 80 LONG.
]]>
/2017/06/spesifikasi-chainlube-long/feed/ 0
Cara Merawat Rantai Motor dengan menggunakan Chailube LONG /2017/06/cara-merawat-rantai-motor-dengan-menggunakan-chailube-long/ /2017/06/cara-merawat-rantai-motor-dengan-menggunakan-chailube-long/#respond Thu, 15 Jun 2017 19:35:28 +0000 http://localhost/mps/?p=97

Tahukah anda cara merawat rantai sepeda motor dengan baik dan benar…? Rantai ini ibarat rodanya kehidupan dan sumber terjadinya gerakan (yang membuat ban berputar) jika tidak dirawat dengan baik akan menyebabkan kerusakan pada dinding rantai. Untuk itu saya berikan tips untuk merawat rantai sepeda motor agar awet dan tidak bunyi.

Honda tiger terbaru atau sepeda motor baru lainnya mungkin tidak ada masalah dengan rantai atau gear, tetapi kali ini komunitas motor akan membahas bagaimana caranya untuk merawat rantai sepeda motor yang benar. Mungkin anda sudah mengenal apa itu rantai atau gear? saya tidak perlu menjelaskan panjang lebar mengenai rantai atau gear, yang perlu diperhatikan anda harus lebih teliti di saat beli gir set asli atau rantai motor original, karena banyaknya rantai atau gear palsu yang banyak beredar di bengkel.

Mengapa saya harus merawat rantai sepeda motor?
Pemeliharaan berkala rantai sepeda motor, bersamaan dengan penggantian oli dan pengecekan ban adalah bagian penting dalam berkendaraan yang aman. Rantai sepeda motor tidak terlepas dalam aktifitas berkendaraan, karena mempunyai fungsi sangat penting yaitu memindahkan tenaga dari mesin ke roda kendaraan. Pengecekan dan pemeliharaan yang salah dapat merusak dan mengurangi kemampuan sepeda motor anda, bahkan dapat membahayakan perjalanan anda.

Bagaimana berkendara nyaman dan rantai aman?
Penggunaan pelumas yang benar sangat disarankan untuk kenyamanan berkendara motor dan keamanan rantai. Gunakan pelumas yang dikhususkan untuk rantai motor yaitu Chainlube LONG. Tujuannya selain untuk mereduksi keausan rantai dan gir karena adanya gesekan, juga pemberian pelumas dapat membuat umur rantai lebih lama.
Resiko apa jika rantai motor rusak?
Bersihkan rantai dari debu dan kotoran. Umumnya debu dan kotoran melekat pada rantai akibat penggunaan pelumas yang salah. Oli bekas tidak disarankan untuk digunakan pada rantai karena mengundang debu dan kotoran. Hal ini yang mempercepat keausan atau rusak pada gir atau rantai dan berpengaruh terhadap kekuatan rantai motor yang dapat mengakibatkan kecelakaan.
berikut adalah tips dan trik bagaimana caranya untuk merawat rantai sepeda motor yang benar agar rantai motor kita selalu awet dan nyaman saat digunakan berkendara, terutama bagi pengendara yang doyan banget sama touring motor/perjalanan jauh. dan yang perlu diperhatikan ada 3 hal dan penting yang harus selalu dilakukan, yaitu pengecekan, penyetelan, dan perawatan:1.Periksa kondisi gir atau rantai apakah kendur atau tidak, lakukanlah penyetelan dengan mengendurkan baut swing arm dan menyetel rantai dengan jarak antara 8 – 11 mm.
2.bersihkan rantai dengan minyak pembersih, misalnya menggunakan solar.
3.Perhatikan kondisi penutup rantai apakah kondisinya terpasang dengan baik, sebab apabila kondisi penutup rantai yang tidak terpasang dengan baik, disamping membahayakan dapat juga menyebabkan suara berisik gesekan antara rantai dan penutup.
4.Berilah Chailube LONG, untuk menjaga, melindungi dari gesekan dan karat. Hasil terbaik ada dengan menggunakan Chainlube LONG.

]]>
/2017/06/cara-merawat-rantai-motor-dengan-menggunakan-chailube-long/feed/ 0
Bersihkan ruang bakar tanpa membongkar mesin /2017/06/bersihkan-ruang-bakar-tanpa-membongkar-mesin/ /2017/06/bersihkan-ruang-bakar-tanpa-membongkar-mesin/#respond Thu, 15 Jun 2017 19:34:31 +0000 http://localhost/mps/?p=95 Khusus untuk Anda yang peduli dengan “kesehatan” kendaraan. Kendaraan yang sudah lama digunakan & belum pernah dibongkar ruang bakar/silinder nya ( motor maupun mobil ) untuk membersihkan dari kerak karbon/deposit carbon yang menumpuk di ruang bakar. Maka jangan biarkan “kesehatan” kendaraan Anda terganggu. Karena timbunan karbon/deposit dapat menurunkan performa mesin & bahkan bisa terjadi tekanan kompresi yang tinggi yang disebabkan oleh tumpukan kerak tadi. Jika sisa carbon yang terbakar kembali masih dalam bentuk padat, maka proses pembakaran akan terganggu (terjadi suara ngilitik)
Kini hadir pembersih ruang bakar mesin (cleaner Engine) : pembersih deposit carbon
(anti kerak) seketika tanpa bongkar, bisa dikerjakan sendiri tinggal semprot ke lubang busi serta aman.
Cara Kerja :
Cara kerja adalah melunakkan & menghancurkan timbunan kerak sisa pembakaran / deposit carbon pada ruang bakar/silinder, sehingga memudahkan dalam proses pembersihan.
Catatan: Proses pelunakan karbon oleh cleaner Engine baru efektif ketika suhu agak panas
Cara pakai (contoh di motor)
1. Panaskan kendaraan terlebih dahulu kurang lebih 5 menit
2. Buka busi, lalu semprotkan cairan produk ke lubang busi sampai luber/tumpah
3. Tunggu kurang lebih 10~15 menit agar kerak/deposit carbon melunak.
4. Starter atau slah motor beberapa kali sambil tangan kanan menutup lubang busi dengan kain bersih.
5. Lalu pasang kembali busi
6. Hidupkan mesin sambil gas dinaikan sedikit demi sedikit agar sisa-sisa deposit carbon akan terdorong keluar melalui knalpot.

Catatan: Asap putih yang keluar dari knalpot adalah normal menandakan proses pembersihan sedang berlangsung Sebagai bahan perbandingan, jika kita service ke bengkel untuk membersihkan kerak karbon, maka biaya yang kita keluarkan bukan hanya ongkos service nya saja, tapi biaya untuk membeli paking/gasket silinder (biasanya akan rusak setelah dibongkar) bahkan waktu yang terbuang menunggu di bengkel cukup lama (dari mulai antri sampai dengan proses service selesai), hanya dengan menyemprotkan ke lubang busi saja….lebih kurang 20 menit, langsung Ok……!! Praktis – Ekonomis – & Efektif.
Bisa digunakan di motor (2tak/4tak) atau mobil bensin.
Sudah di tes diantaranya pada motor Honda Kharisma Th 2005, Yamaha Jupiter Z Th 2004 & Suzuki Shogun Th 2005
Untuk motor bisa digunakan lebih kurang 10x dalam satu kaleng sedangkan untuk mobil lebih kurang bisa 1~2 kaleng.

]]>
/2017/06/bersihkan-ruang-bakar-tanpa-membongkar-mesin/feed/ 0
Membersihkan Karburator Mobil /2017/06/membersihkan-karburator-mobil/ /2017/06/membersihkan-karburator-mobil/#respond Thu, 15 Jun 2017 19:33:43 +0000 http://localhost/mps/?p=93 Dalam perawatan kendaraan tidak hanya sektor eksterior, interior, dan kaki-kaki tapi sektor mesin juga mempunyai peran penting. Terlebih mobil yang terbilang sudah berumur, mesin yang mereka gunakan biasanya masi menggunakan karburator, yang minimal 1 bulan sekali kita harus servis atau bersihkan. Untuk itu OtoTown akan mengulas bagaimana cara membersihkan karburator tanpa harus kebengkel, anda dapat mengerjakan sendiri dirumah. Berikut Tips-Tips membersihkan karburator :

1. Pertama bersihkan filter udara dengan cara melepaskan filter udara yang terpasang pada lubang karburator, lepas filter udara dan bersihkan dengan semburan angin kompresor, bila terbuat dari busa bisa dicuci dan biarkan kering sendiri.
2. Selanjutnya bukalah karburator dengan cara melepas baut-baut rumah karburator, katup choke dan kran bensin. Gunakan kunci yang sesuai agar alat-alat tersebut tidak gampang dol. Lepas komponen-komponen karburator lalu tempatkan dalam wadah yang berisi cairan bensin. Lalu Lepas mangkok karburator, pelampung dan jarum pelampung, main jet, pilot jet dan yang lainnya.
Hati-hati terhadap parts yang kecil-kecil dan seal atau karet pelindung. Sebaiknya anda tempatkan dalam wadah yang mudah terlihat agar pada saat pemasangan tidak bingung
mencarinya.
3. Jika sudah terlepas semuanya maka bersihkan karburator dengan kuas, lalu semprot lubang-lubangnya dengan udara bertekanan tinggi. Gunakan amplas halus untuk membersihkan kotoran pada spuyer-spuyer. Jangan terlalu banyak mengamplasnya karena dapat menyebabkan perubahaan ukuran diameter spuyer.
4. Setelah bersih, pasang kembali spuyer-spuyer tersebut. Gunakan obeng spuyer dan pengecangannya jangan terlalu keras, cukup gunakan dua jari pada ujung obeng.
5. Sebelum dipasang komponen-komponen karburator sebaiknya Anda jangan lupa untuk mengatur tinggi pelampung bensin dengan menggunakan jangka sorong atau sigmat.
6. Dan terakhir rakit kembali karburator yang tadi dilepas, filter udara kembali dipasangkan. Lalu nyalakan mesin dan setel kondisi langsam mesin dengan cara setel spuyer angin-angin dengan cara memutar searah jarum jam hingga mentok, lalu putar balik beberapa putaran sesuai dengan standar mesin mobil Anda.

]]>
/2017/06/membersihkan-karburator-mobil/feed/ 0
Cara merawat mesin mobil /2017/06/cara-merawat-mesin-mobil/ /2017/06/cara-merawat-mesin-mobil/#respond Thu, 15 Jun 2017 15:01:39 +0000 http://localhost/mps/?p=87 Tips merawat Mesin Mobil anda.

1. Oli merupakan sesuatu yang vital bagi mesin Mobil.
Oli berperan mengurangi gesekan2 internal di dalam mesin.tanpa adanya oli,gesekan2 ini akan membuat komponen mesin2 tertentu cepat rusak atau aus.Dengan kata lain,keberadaan oli akan membuat mesin lebih awet.pada dasarnya sebuah Mobil memerlukan oli dengan kekentalan tertentu.akibat adanya pembakaran didalam mesin ketika Mobil akan dijalankan akan membuat tingkat kekentalan oli berubah,sehingga dalam waktu tertentu kekentalan oli berubah,sehingga dalam waktu tertentu kekentalan oli di dalam mesin tidak lagi sesuai dengan kondisi internal mesin.Oleh karna itu,penggantian oli mesin mobilharus dilakukan secara rutin berdasarkan jarak tempuh kendaraan.Agar kondisi mesin Mobil lebih awet,ada baiknya anda mengganti oli berdasarkan standard kilometer untuk penggantian oli berikutnya yang terdapat pada kartu servis.Apalagi jika mobil telah digunakan untuk menempuh jarak yang sangat jauh.

2.Perhatikan Ketinggian Oli Mobil Pribadi
Ketinggian oli juga perlu diperiksa secara rutin.hal ini karena ketika mesin dijalankan,panas yang terjadi pada mesin mungkin saja membuat jumlah oli di dalam mesin berkurang,sehingga tidak sesuai dengan kebutuhan mesin.

3.Periksa Keadaan Radiator Mobil Pribadi
Radiator pada mesin mobil berperan untuk menjaga suhu mesin tetap dingin,artinya radiator merupakan komponen yang berfungsi untuk menjaga mesin agar tidak cepat panas (over heating).Dengan rutin memeriksa radiator yang meliputi pemeriksaan kebocoran,pengurasan,dan penggantian air, maka performa radiator akan tetap terjaga,sehingga tugasnya sebagai pendingin mesin akan tetap terjaga.Idealnya penggantian atau pengurasan au=ir radiator dilakukan untuk setiap jarak tempuh sekitar 10.000  km.

4.Pastikan tangki bensin tidak berkarat
Susah memang untuk memastikan tangki bensin tidak berkarat.akan tetapi , untuk mencegah hal ini,sebaiknya anda selalu memperhatikan volume bensin.Tangki dengan bensin yang penuh akan mengurangi peoses perkaratan.Oleh karena itu,sebaiknya jangan biarkan tangki bensin dalam keadaan kosong atau (low) terlalu lama,karena bagian yang tidak terkena bensin akan berkarat.

5.Periksa timing belt
timing belt merupakan sabuk yang berfungsi untuk meneruskan putaran roda2 gigi yang terhubung ke bagian internal mesin.Timing belt yang rusak ditandai dengan menimbulkan suara2 dengungm yang bising ketika mesin mulai dijalankan.kerusakan timing belt yang di biarkan berlarut akan  menyebabkan timing belt tersebut putus dan putusnya timing belt secara tiba2 akan membuat komponen2 tertentu pada mesin rusak.selain itu,suplay listrik pada akumulator bisa tidak maksimal.

6.Lakukan Tune Up secara rutin
Tune Up rutin di bengkel2 akan membuat mesin tetap awet,hal ini karena pada proses tune up keadaan komponen2 vital yang berhubugan dengan mesin seperti busi,filter bahan bakar dan oli akan terperiksa.

7.Sesekali Lakukan Penarikan Gas dengan Kuat
Penarikan gas yang kuat  ketika kendaraan melaju dapat membuat karak pada ruang pembakaran semakin berkurang,tetapi lakukan hal ini sesekali saja.Semoga tips ini dapat menjaga mesin anda lebih awet dan terawat.

]]>
/2017/06/cara-merawat-mesin-mobil/feed/ 0
Tips Memilih Oli Mobil /2017/06/tips-memilih-oli-mobil/ /2017/06/tips-memilih-oli-mobil/#respond Thu, 15 Jun 2017 15:00:48 +0000 http://localhost/mps/?p=85 Belakangan banyak merek dan jenis oli mobil yang beredar di pasaran dengan spesifikasi yang kadang membingungkan. Oli mahal belum tentu baik untuk kendaraan. Alih-alih membuat performanya semakin ”greng”, justru ketika kita salah pilih, mesin menjadi tidak bekerja optimal bahkan mengurangi usia!

Inilah yang dipesankan Ivan Rastianto, Advertising & Promotion Manager Marketing Evalube Lubricants. Ada beberapa tips yang harus dipahami agar penggunaan oli cocok dengan karakter mesin mobil yang kita miliki. ”Habbit konsumen menanyakan ke mekanik. Iya kalau mekaniknya ngerti, kalau asal nunjuk merek yang mahal, belum tentu bagus juga,” sambarnya.

Agar lebih jelas, berikut penjabaran singkat tipsnya:

1. Yang harus dipahami pertama kali adalah spesifikasi mesin kendaraan. Di buku manual pasti disebutkan teknologi mesin dan jenis oli yang cocok. Merek apa pun, pada dasarnya sama asal spesifikasinya bisa diterima oleh mesin mobil.

2. Perhatikan tingkat kekentalan. Mobil-mobil masa kini, terutama yang sudah ada embel-embel VVT, VVTi dan sejenisnya. Minimum menggunakan oli dengan kekentalan 10/40 atau 5/30. Mesin-mesin seperti itu tidak cocok jika dipasangkan dengan oli berkekentalan 20/50 atau yang lebih kental.

3. Perhatikan juga kode lain seperti API. API SM khusus untuk mobil-mobil beteknologi baru dirancang untuk memberikan kontrol endapan temperatur tinggi yang lebih baik. Untuk generasi sebelumnya, misalkan mobil keluaran 2004 ke bawah, dianjurkan pakai kode SL. Lalu ada kode SJ untuk 2001 ke bawah.

4. Huruf ”W” yang terdapat di belakang angka awal, adalah singkatan dari ”Winter”. Misalnya SAE 15W-50, berarti oli tersebut memiliki tingkat kekentalan SAE 15 untuk kondisi suhu dingin dan SAE 50 pada kondisi suhu panas. Dengan kondisi seperti ini, oli akan memberikan perlindungan optimal saat mesin start pada kondisi ekstrim sekalipun.

5. Oli synthetic biasanya disarankan untuk mesin-mesin berteknologi terbaru (turbo, supercharger, DOHC, dan lainnya), membutuhkan pelumasan lebih baik, di mana celah antar logam lebih sempit atau presisi. Hanya oli synthetic yang bisa melapisi dan mengalir sempurna.

6. Boleh gonta-ganti merek oli, asal kode kekentalan sama. Sebaiknya tidak melakukan to up (menambah volume) karena terdapat sisa pembakaran di ruang bakar yang harus dibuang pada oli lama.

]]>
/2017/06/tips-memilih-oli-mobil/feed/ 0